Saya Sedang Kangen Blog - Catatan Kecil

Jumat, 28 Agustus 2020

Saya Sedang Kangen Blog

    Halo pembaca blog. Saya boleh tahu, kapan kalian terakhir mengikuti sebuah blog pribadi secara aktif? Kalau saya, sejujurnya saya sudah tidak ingat kapan saya membaca blog pribadi dengan aktif. Mungkin saya sesekali membaca blog jika seseorang membagi tautannya di media social.

    Sebenarnya ada beberapa sebab saya sudah sangat jarang membaca blog. Pertama adalah penulis blog yang saya dulu berlangganan, sudah tidak aktif menulis lagi. Dari jajaran blog yang saya ikuti, Cuma satu blog yang masih bertahan aktif menulis yaitu Padepokan Budi Rahardjo (rahard.wordpress.com), sebuah blog milik dosen ITB. Sedang yang lain, sudah tidak pernah muncul lagi.

    Sebab kedua adalah waktu luang saya dikonsumsi dan teralihkan oleh media social yang cara konsumsinya lebih mudah dibanding dengan konsumsi blog. Instagram contohnya. Mata kita dimanjakan dengan sajian gambar tanpa harus kerepotan membaca.

    Mengapa saya tiba-tiba kangen membaca blog pribadi saat ini? Pandemi. Ya, kata itu yang paling dipersalahkan tahun ini untuk kekacauan yang terjadi. Pandemi ini membatasi ruang interaksi antar manusia. Sebagai makhluk pemakan segala sosial, saya sangat merindukan interaksi social dengan manusia.

   Nah, kan saya tetap bekerja dan berinteraksi dengan manusia? Itu hape kagak pernah berhenti karena boss telepon tiap jam? Kan ya beda Bambaaang… Hubungan professional tidak sehangat hubungan personal. Dulu, waktu senggang atau saat istirahat, kita banyak ngobrol mengenai hal-hal di luar pekerjaan, tahu kabar satu sama lain, dan bercanda hahaha hihihi. Saat pandemi? Itu vicon ga kelar-kelar tapi bahas pekerjaan mulu.

    Kamu kan bisa tahu kabar teman kamu melalui sosial media? Kalau menurut saya, sosial media arus utama seperti Instagram dan twitter kurang dalam personalnya. Keterbatasan karakter dan kebutuhan untuk pencitraan menjadi kendala seseorang meceritakan dirinya dengan bebas. Podcast? Podcast yang saya temui lebih banyak tentang sambat bahasan suatu topik, bukan curahan hati pribadi.

    Kenapa ga menghubungi langsung? Jika itu mudah bagi introvert mentok seperti saya, sudah saya lakukan dari awal. Tapi, yaaa…. Ribet lah pokoknya.

    Ya itulah sebabnya saya aktif lagi membaca blog pribadi. Saya mulai mencari-cari lagi blog pribadi yang masih aktif. Pelacakan ini dimulai dari blog milik pengulas buku. Dari blog itu, saya mengetahui blog pribadi mana yang masih aktif. Ketemulah beberapa blog yang saya rajin membaca saat ini. Hal yang ditulis sangatlah remeh, seperti pengalaman #DiRumahAja selama pandemi, pengalaman membaca buku, dan hal-hal personal lainnya. Dari situlah saya mulai merasa, atau sebenarnya halu, dekat dengan orang lain lagi.

    Tidak hanya membaca, saya mulai menata kembali blog saya. Saya memperbaiki tampilannya, mulai menata lagi konten yang dulu saya pasang secara perlahan, dan mulai menulis lagi.

    Bagaimana dengan kamu? Pengalaman apa yang kamu alami tentang blog akhir-akhir ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar