Seberapa Gila Kamu untuk Cinta? - Catatan Kecil

Selasa, 12 Januari 2021

Seberapa Gila Kamu untuk Cinta?

Apa hal ternekat atau mungkin terbodoh yang pernah kamu lakukan untuk kekasihmu atau mantan kekasih? Jika kamu adalah orang yang terbiasa melakukan apapun demi sang kekasih, maka anak sekarang menyebutnya dengan Bucin. Banyak orang yang merelakan harta, waktu bahkan nyawa untuk sang kekasih. Tidak hanya menyerang remaja, bucin ini juga menjangkiti orang dewasa. Tidak luput tokoh-tokoh besar yang dikenal luas pun terjangkit penyakit bucin.

 


Apakah level bucinmu sudah menyamai orang-orang yang saya sebut ini? Agar tidak menyinggung, saya akan paparkan tokoh fiksi yang menurut saya bucin.

 

Ikal kepada A Ling.

Tokoh fiksi di novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini menempati level bucin pemula. Dia jatuh cinta kepada A Ling, seorang keponakan dari pemilik toko kelontong di Manggar, Belitung. Ikal melihat A Ling pertama kali saat diutus Ibu Mus untuk membeli kapur. Sejak melihat A Ling, Ikal selalu menawarkan diri untuk membeli kapur yang seharusnya bergiliran. Ikal rela mengayuh sepedanya dari Gantong ke Manggar, sekitar 30 Km demi bertemu A Ling.

 

Suatu saat A Ling pergi meninggalkan Belitung, sehingga Ikal sangat merasa sedih. Pada novel selanjutnya, diceritakan dengan informasi yang sedikit, Ikal terus memburu jejak A Ling. Ikal terus mencari keberadaan A Ling sampai benua eropa.

 

Arai kepada Zakiah Nurmala

Tokoh kedua level selanjutnya masih datang dari karya Pak Cik Andrea, yaitu Arai. Arai jatuh hati kepada Zakiah Nurmala, seorang murid perempuan cantik nan pintar di kelasnya. Arai terus saja memburu hati Zakiah, namun tidak ada respon. Zakia mengacuhkan Arai dan mengganggapnya pengganggu. Pengacuhan lebih sakit dari penolakan rasanya. Bukan Arai namanya kalau usahanya kandas oleh sikap dingin Zakiah Nurmala. Dia berprinsip “Hati wanita itu ibarat dinding yang kokoh, dan usaha kita adalah lumpur. Lumpur tidak akan meruntuhkan dinding, namun membekas” Jika kamu adalah orang yang gigih memburu cinta yang bertepuk sebelah tangan, Arai ini cocok dari role modelmu.

 

Zainuddin kepada Hayati

Tokoh selanjutnya datang dari novel karya Buya Hamka, yaitu Tenggelamnya Kapal van der Wijck. Zainuddin, seorang lelaki beribukan orang bugis, berayah orang minang menetap di Bukit Tinggi. Dia jatuh hati kepada Hayati, seorang perempuan cantik keturunan pemuka adat di situ. Dikarenakan ketentuan adat, cinta mereka tidak bisa direstui. Akhirnya Hayati dinikahkan dengan Aziz, anak pengusaha kaya di Padang. Zainuddin tetap menyimpan hati kepada Hayati. Bahkan ketika mengetahui Hayati menikah, Aziz sakit keras.

 

Romeo dan Juliet

Rasanya tidak berlebihan saya menempatkan kisah klasik besutan William Shakespeare di bucin level ultimate. Kisah cinta dua anak muda yang dipisahkan oleh perseteruan dua keluarga yaitu, Montague and Capulet. Keduanya terus berjuang untuk cinta mereka hingga pada akhirnya mereka bunuh diri karena tidak sanggup untuk hidup tanpa satu sama lain.

 

Itulah beberapa kisah fiksi bucin dengan kadarnya masing-masing. Jika kamu menemui teman atau saudara yang level bucinnya tidak masuk akal bagimu, jangan buru-buru dihakimi karena kamu tidak pernah tahu seperti apa rasa cinta mereka.


 

Photo by Caroline Veronez on Unsplash

1 komentar: