MRT itu Moda Raya Terpadu - Catatan Kecil

Sabtu, 01 Januari 2022

MRT itu Moda Raya Terpadu

Selamat Tahun Baru 2022 untuk semuanya. Syukur Alhamdulillah sudah sekian lama Jakarta bertahan di PPKM level 1, yang mempunyai pertanda bahwa wabah ini mulai terkendali. Ya, terkendali, belum usai. Masih ada varian baru yang mengancam. Paa ahli belum mengetahui benar bagaimana varian baru ini bekerja dan seberapa bahaya dibanding dengan varian-varian sebelumnya.

 



Sebagaimana bulan januari tahun lalu, saya mulai kembali #30HariBercerita. Kita mulai saja dulu. Kalau pun berhenti di tengah jalan, ya ga papa. Seperti tahun kemarin juga, karena saya malas untuk mencari topik, saya menggunakan kata kunci yang dipakai komunitas thepodcaster Indonesia saat mereka menyusun tantangan 31HariBersuara yang mereka laksanakan di bulan desember.

 


Untuk 30HariBercerita ini, saya mencoba menghubungkan kata kunci yang ada dengan Jakarta. Provinsi yang kuhuni selama 8 tahun terakhir. Hubunganku dengan Jakarta ini sangat berwarna. Semua rasa pernah ada. Harap, marah, lelah, pesimis, senang, bahkan cinta. 30 tulisan saya persembahkan untuk Jakarta. Lebih sulit tentu saja karena pengetahuanku tentang Jakarta juga masih terbatas walaupun saya sudah sewindu di Jakarta.

 

Saya ingin bercerita tentang penyebutan-penyebutan layanan dan infrastukutur di Jakarta. Semenjak Pak Anies menjabat sebagai gubernur, beliau selalu mengusahakan pemberian nama layanan dan infrastruktur di Jakarta dengan sebutan dan istilah menggunakan bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, kepanjangan dari singkatan asing pun diubah menjadi bahasa Indonesia.

 

Ini bukan pertama kali Pak Anies mengutamakan bahasa Indonesia sebagai pilihan utama dalam pemberian istilah. Saya mendengar beberapa istilah dipopulerkan bahasa Indonesia atau bahasa daerah untuk penyebutan sesuatu saat beliau menjabat sebagai menteri. Saya pertama kali mendengar istilah smong sebagai pengganti kata tsunami saat beliau menjadi pembicara di salah satu acara blogger. Smong adalah istilah dari Aceh untuk menyebut gelombang laut yang besar setelah gempa bumi atau yang kita sering menyebutnya sebagai tsunami.

 

Apakah ini hal yang baru? Tidak. Entah di umur berapa saya mengetahui kepanjangan asli dari ATM adalah Automatic Teller Machine. Saya mengenal ATM dari kecil sebagai Anjungan Tunai Mandiri. Berarti pengindonesiaan istilah asing sudah dilakukan sejak dulu.

 

Apa saja layanan dan infrastruktur di DKI yang memakai istilah bahasa Indonesia?

 

MRT

 

Mass Rapid Transportation. Begitu istilah yang jamak dipakai. Pemprov DKI melalui PT MRT Jakarta memilih istilah Moda Raya Terpadu. Kalau disingkat tetap MRT. Bukan sekedar menerjemahkan bahasa Inggris, namun ada upaya memberi makna baru dalam istilah tersebut. Terpadu atau integrasi merupakan jargon utama layanan transportasi umum di era Pak Anies.

 

JakLingko

 

Saat masa kampanye, pasangan Anies-Sandi tidak menyebut integrasi transportasi ini sebagai JakLingko. OkOtrip adalah istilah yang dipakai saat itu. Saat peluncuran program ini, dipilih nama resmi yaitu JakLingko. Lingko adalah system persawahan yang ada di Kabupaten Manggarai, provinsi Nusa Tenggara Timur. Lingko adalah system persawahan yang berbentuk seperti jaring laba-laba. Filosofi ini yang coba dipakai dan ditularkan menjadi prinsip terintegrasinya antar layanan transportasi.

 

Apakah ini penggunaan bahasa Indonesia ini sudah konsisten? Belum. Masih banyak infrastruktur yang lahir di era Pak Anies, tapi menggunakan istilah asing. Pelican Crossing, Sky View Deck, dan Penamaan Jakarta International Stadium merupakan contoh penggunaan istilah asing dalam penamaan layanan dan infrastruktur.

 

Seberapa penting? Penting menurut saya pribadi. Ini bukan masalah kebanggaan penggunaan bahasa dari negeri sendiri. Pertama, dengan penyebutan istilah dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, kita juga melestarikan kekayaan bahasa yang dimiliki Indonesia. Kedua, mendekatkan konteks lokal ke masyarakat. Penggunaan Anjungan Tunai Mandiri sebagai kepanjangan ATM berfungsi memberi gambaran ke masyarakat tentang cara kerja mesin tersebut.

 

Bagian 1: Panggilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar