Catatan Kecil tentang Kritik dan Karya - Catatan Kecil

Sabtu, 24 Maret 2012

Catatan Kecil tentang Kritik dan Karya

Sore itu seorang kawan mengomentari sebuah selebaran propaganda yang dibuat oleh salah satu organisasi pergerakan mahasiswa. Propaganda itu berisi tentang kenaikan harga BBM dan menawarkan solusi dengan menggunakan suatu sistem. Kawanku itu berkata, “Kalo bikin tulisan, lebih berkelas sedikit lah!” Saya sendiri sebenarnya kurang sependapat dengan isi dan solusi yang ditawarkan propaganda itu, tetapi saya tidak berani menghujat, karena saya tahu membuat tulisan propaganda politik itu tidaklah mudah. Diperlukan pemikiran, data, dan analisa yang cukup untuk membuat sebuah tulisan propaganda politik. Diperlukan sebuah niat yang besar untuk merampungkan sebuah tulisan, dan diperlukan keberanian yang hebat untuk mencetak dan menyebarkannya.

Saya pernah merasakan kekecewaan karena kalah lomba menulis, dan saya tahu bagaimana susahnya bikin tulisan propaganda yang bagus. Sangat sombong rasanya ketika saya ikut-ikutan mencerca tulisan orang lain sekalipun saya tidak setuju isi dari tulisan tersebut. Sering dulu saya meremehkan novel atau karya tulisan orang lain. Setelah saya renungkan, saya bisa mencerca dan meremehkan tulisan orang lain sebelum saya belajar menulis. Setelah belajar menulis, berpikir ulang untuk mencerca karya orang lain.

Teringat sebuah kalimat yang diutarakan oleh seorang sahabat, @aldamonn. Dia berkata “Jangan mengatakan lagu seseoarang itu jelek, tapi katakanlah lagu itu terdengar sedikit aneh di telingaku, karena setiap orang berbeda selera musiknya” dan dia juga berkata “jangan menilai lagu dari penyanyinya.” Saya berpikir, kalimat ini hanya bisa diucapkan oleh seorang penyanyi dan pencipta lagu, karena memang @aldamonn merupakan penyanyi dan pencipta lagu. Hanya orang yang tahu dan mengalami susahnya bikin lagu yang bisa berkata seperti itu. Rasanya mustahil kalimat itu muncul dan terucap dari seseorang yang jauh dari dunia tarik suara dan lagu.

Apakah tidak boleh kita mengkritik suatu karya seseorang? Tentu saja boleh, bahkan seseorang yang menghasilkan karya sangat perlu dan butuh kiritikan dari penikmat karyanya, tetapi sebagain seseorang yang terdidik, kita harus bisa membedakan kritik dan cerca. Kritik itu didasari oleh sebuah pemahaman, sedangkan cerca lebih didasari ketidaksukaan dan emosi. Megungkapkan kritikan seharusnya lebih elegan dan lebih cerdas dibanding melontarkan cercaan. “Serang-menyerang” merupakan sesuatu yang lumrah dalam alam demokrasi, tetapi yang membedakan kelas seseorang adalah cara pengungkapan. Saya rasa cara seseorang mengapresiasi sebuah karya dapat menggambarkan pemahaman seseorang terhadap karya tersebut. Ketika seseorang paham akan sebuah karya, maka semakin elegan dalam mengungkapkan apresiasi dan kritiknya.

Kalau boleh mencontek perkataan @aldamonn, katakan saja.”Jangan katakan tulisan orang lain jelek, katakan saja saya tidak sepaham dan berbeda selera sastra dengan Anda”

Mari belajar bersama mengapresiasi setiap karya anak bangsa...

Salam Optimis untuk Indonesia.

@Hardian_cahya

3 komentar:

  1. makin bijak deh mas iniii... :D

    -@aldamonn-

    BalasHapus
  2. ^^
    "Tulisan ini nampaknya agak berat untuk saya baca"
    hahaha

    OK.,saya akan gunakan kalimat lain (yang lebih enak didengar/dibaca) untuk mengomentari karya orang lain
    ^^
    *nice reminder *sankyu

    @adit_dK

    BalasHapus
  3. kritik, semua boleh d kritik kok. Pengamat Bola juga jago pisan kalau mengkritik permainan weh analisisnya kesana kemari. Tapi, sebenernya dia bsa melakukan g sih? Relatif :D

    M. Fadhli Ali

    BalasHapus