Langkah Awal dan Langkah Tetap - Catatan Kecil

Sabtu, 02 Januari 2021

Langkah Awal dan Langkah Tetap

Apa yang sulit dari melakukan suatu pekerjaan? Langkah awal. Apa yang lebih sulit dari langkah awal? Langkah yang tetap. Tetap melangkah melakukan sesuatu, atau yang disebut dengan konsisten, kata orang lebih sulit dari sekadar memulai. Banyak hal-hal baik yang awalnya menggebu, akan berakhir dengan hilang seiring berjalannya waktu.



Walau kata orang mengambil langkah awal itu tak sesulit daripada langkah tetap, izinkan saya dalam tulisan ini mengenang kembali langkah awal dari blog ini. Blog yang sudah menemani saya selama lebih dari 10 tahun di saat terang maupun redupnya. Tempat menuangkan gagasan yang kadang menggugah, tapi lebih sering gegabah.


Dimulai dari kebiasaan membaca yang cukup kuat pada masa kecil sampai remaja, ditambah dengan mudahnya akses internet, maka bacaan saya mulai merambah ke intenet. Bacaan daring pertama saya datang dari blog seorang kakak kelas SMA. Tulisannya sangat menarik. Ringan namun penuh isi. Dari tulisan itu tumbuhlah keinginan untuk menulis.

 

“Awal mulanya, menulislah tentang dirimu dulu!” Kurang lebh begitu saran dari M Rosyid Jazuli, kakak kelas
saya itu. Mulailah saya menulis tentang diri saya, kehidupan saya, dan tetam-teman saya. Lebih mudah daripada jika kita memulai dengan bercerita tentang orang lain. Banyak inspirasi yang datang dari orang lain, tapi orang yang paling kita kenal di sunia ini adalah diri sendiri kan? Itupun kadang masih butuh waktu untuk kenalan lagi lebih dalam.

 

Tulisan ini untuk mengapresiasi diri sendiri yang telah mau untuk memulai menulis di blog ini. Tulisan ini juga apresiasi untuk M Rosyid Jazuli yang telah membimbing saya di awal-awal menulis blog. Tukisan ini juga apresiasi untuk semua orang yang berani mengambil langkah awal walaupun terkadang sulit. Terakhir, tulisan ini adalah upaya saya untuk mengambil langkah tetap, tetap untuk menulis.

 

***

 

Ditulis untuk tantangan #30HariBercerita di hari kedua. Untuk lebih mudahnya Menyusun cerita, saya mengambil tema-tema yang ditentukan untuk #30HariBersuara oleh Podcaster.id untuk saya gunakan di #30HariBercerita. Tema hari ini adalah Awal Mula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar