Kemenagan Harus Dipersiapkan - Catatan Kecil

Minggu, 21 Maret 2021

Kemenagan Harus Dipersiapkan

Saya, waktu itu, adalah seorang trainee yang baru masuk kurang lebih seminggu. Kantor akan menggelar semacam syukuran atas pencapaian tahun sebelumnya. Di manapun perusahaan, pasti ada kata sambutan sang CEO. Baru pertama kali saya melihat CEO kantor saya secara langsung. Dalam sambutan, beliau sangat berapi-api. Lalu dia mengutip kata Sun Tzu yang begitu menancap di benak saya.

 

Kemenagan itu direncanakan

Sun Tzu

 



Seiring berjalannya waktu, saya sering mendengar sebuah kalimat. Kalimat yang juga sangat membekas di ingatan saya. Kalimat yang saya dengar kembali dari sesorang yang sangat sederhana. Seorang tukang becak yang sekarang merangkap menjadi pembersih gorong-gorong. Dalam sebuah wawancara beliau mengatakan

 

Hasil tidak selalu mengikuti usaha

Deny Kurniawan

 

Dua orang yang sama-sama luar biasa, yang memberikan pelajaran yang tepat ke saya di waktu yang tepat. Kalau saya bisa menyimpulkan sekarang, kemenangan harus direncanakan, namun hasilnya bukan tanggung jawab kita lagi. Perencangaan yang matang, Latihan yang baik, kerja yang keras adalah tanggung jawab kita. Jika kita berbicara tentang hasil, biarlah Tuhan yang menentukan yang terbaik untuk kita.


Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar