Cara Spontan Menikmati Jakarta - Catatan Kecil

Rabu, 05 Januari 2022

Cara Spontan Menikmati Jakarta

Banyak yang kebingungan ketika ada keluarga atau saudara berkunjung di Jakarta. Saat ditanya kalau wisata di Jakarta ke mana saja, kita punya pilihan yang terbatas. Ancol, Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Mall. Itu daftar yang paling sering muncul. Saya yang sudah lama tinggal di Jakarta pun tidak terlalu banyak pilihan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Mall, yang selama ini menjadi tempat favorit banyak orang, tidak pernah menjadi pilihan pertama saya. Terlalu bising dan ramai.

 

Di akhir November 2021, saya berniat menghadiri acara buku @patjarmerah di PosBloc. Dalam rangkaian acara tersebut, ada kesempatan untuk ikut tur jalan kaki berbayar bareng @jktgoodguide. Rutenya Pasar Baru, sebuah tempat yang rasanya sudah sering saya kunjungi. Tapi entah mengapa, saya spontan mendaftar dalam tur itu. Tanpa ekspektasi apapun dalam mengikuti tur itu.



Hari H tiba. Kami dibawa keliling di kawasan Pasar Baru. Di setiap titik pemberhentian, pemandu kami menerangkan sejarah dari bangunan-bangunan yang ada. Memang dasarnya suka sejarah, saya sangat bersemangat selama tur tersebut. Tidak hanya bangunan bersejarah, kami juga diperkenalkan kuliner yang terekomendasi, namun tidak banyak orang tahu

 


Selama tur saya tahu bangunan paling tua di kawasan Pasar baru, toko roti enak, penjual cakue paling laris, dan café yang enak namun tersembunyi. Saya yakin saya tidak akan mengenal hal-hal tersebut jika saya menjalani hari dengan rutinitas yang ada. Saya lewat Pasar Baru itu mungkin sudah puluhan kali, namun tidak pernah mengenal makanan di Pasar Baru selain Bakmi Gang Kelinci.

 

Dibutuhkan spontanitas untuk menikmati Jakarta dari sudut pandang lain. Sudut pandang yang berbeda dari rutinitas kita selama ini yang menyadarkan kita bahwa sebenarnya mungkin kita tidak kenal-kenal amat dengan kota ini. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang bisa memperbarui semangatmu untuk lebih mengenal kota ini, yang mungkin saja dapat memperbarui rasa cintamu dengan kota ini.

 

Spontanitas ini bisa lebih bermakna dan kaya jika kamu menjalaninya bersama dengan orang yang memang ngulik Kota Jakarta lebih dalam. Saya merekomendasikan untuk berkenalan dengan @jktgoodgide. Mereka sering mengadakan tur jalan kaki di Jakarta dengan biaya sesuka kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar