Istana Para Presiden - Catatan Kecil

Selasa, 18 Januari 2022

Istana Para Presiden

Seperti yang kita ketahui, bahwa kepresidenan RI mempunyai 6 buah istana. Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, Gedung Agung Yogyakarta, dan Istana Tampak Siring. Banyak yang tidak mengetahui bahwa dalam kompleks Istana Presiden yang ada di kawasan Gambir tersebut terdiri dari dua istana. Istana Negara dan Istana Merdeka. Apa saja bedanya dan bagaimana kisahnya?

 


Saat memutuskan memindahkan pemerintahan dari Batavia (Kota Tua) ke Weltervreden (Kawasan Jakarta Pusat), Daendles mendirikan istana impiannya untuk pusat pemerintahan dan kediaman Gubernur Hindia Belanda, yaitu istana putih (sekarang gedung kementrian keuangan). Sebelum istana itu jadi, Daendles ditarik ke Belanda oleh Napoleon. Saat Perancis mengalami kekalahan dari Inggris di waterloo, pemerintah Belanda harus mundur dan digantikan orang Inggris yaitu Thomas Standford Rafless pada 1811.

 

Raffles jatuh cinta kepada bangunan yang berada di Rijswijk. Bangunan putih berlantai dua dan megah di tepi kanal ini sering disebut Rijswijk Palais. Raffles lebih senang tinggal di situ daripada kediaman resminya. Semenjak dari jaman Raffles dan seterusnya, penginapan itu sering dijadikan tempat para gubernur jendral rapat. Pada tahun XXXX dialihkan fungsi menjadi gedung pemerintahan dan kediaman gubernur jendral.

 

Pada tahun 1873, Rijswijk Palais dinilai terlalu sempit. Dibutuhkan ruangan atau gedung tambahan. Maka dibangunlah gedung yang menghadap ke Koningsplein (Lapangan Merdeka/Monas) sebagai tambahan kantor pemerintahan.

 

Fungsi dan penggunaan dua istana ini berganti-ganti, bergantung siapa pemimpinnya. Contohnya Bung Karno memungfikan Istana Merdeka sebagai kediaman. Di jaman Pak Harto, beliau lebih memilih tinggal di rumah pribadinya di Jalan Cendana, sehingga Istana Merdeka hanya difungsikan sebagai menerima tamu negara.

 

Di saat Pak Jokowi, setahu saya beliau lebih memilih tinggal di Istana Bogor. Istana Merdeka hanya difungsikan sebagai tempat penerimaan tamu negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar